Diberdayakan oleh Blogger.

Cegah konflik, warga diajak berlayar dengan kapal perang TNI-AL

Kamis, 01 Maret 2012

Palu, Sulawesi Tengah (MJI) - Mungkin cara ini bisa ditiru, sederhana tapi mangkus dan sangkil (efektif dan efisien). Komandan Pangkalan TNI-AL Kota Palu, Kolonel Pelaut Budi Utomo, akan mengajak puluhan warga dari dua kelurahan yang sering terlibat konflik berlayar menggunakan kapal perang di Teluk Palu.

Utomo di Palu, Kamis, mengatakan, "Dengan berlayar bersama maka diharapkan warga bisa saling mengenal lebih dekat dan hidup rukun." Namanya memang kapal perang, tapi dipakai juga untuk mendamaikan dan perdamaian.

Menurut dia, pada Jumat pagi (2/3), sekitar 50 warga dari Kelurahan Nunu dan Tavanjuka, Kota Palu akan diajak berlayar mengeliling perairan Teluk Palu.

"Biar 'gak tawuran terus, kami akan berlayar 'aja. Ini merupakan 'pelayaran perdamaian' agar mereka hidup damai dan gak lagi ribut," ujarnya.

Ia mengatakan warga akan diajak berlayar dengan salah satu kapan perang yang sedang sandar di dermaga Lanal Palu. Mungkin untuk mengingat kebesaran bangsa ini dan bahwa nenek moyang kita semua itu orang pelaut!

Walikota Palu, Rusdy Mastura, dan Kapolres Palu AKBP, Ahmad Ramadhan, akan ikut bersama warga berkeliling Teluk Palu.

Sebelumya, Korem 132 Tadulako di Palu juga menggelar bhakti sosial di kedua kelurahan yang sering terlibat konflik selama bertahun-tahun.

TNI bekerja sama dengan sejumlah instansi memberikan layanan KB, pemeriksaan kesehatan, sunatan massal, penyuluhan hukum dan rehabilitasi rumah.


Kedua kelurahan yang berbatasan ini pada awal Januari 2012 terlibat bentrok yang menyebabkan dua orang tewas dan beberapa orang mengalami luka.

Bentrokan yang menggunakan aneka senjata tajam dan senapan angin itu juga membuat sejumlah rumah warga rusak. Akhir 2011, kedua warga juga terlibat bentrokan.

Penyebab bentrokan yang sudah menahun itu hanya masalah kecil, seperti tersinggung dengan kata-kata warga lain, padahal mereka masih memiliki hubungan kekerabatan. (ant)

0 komentar:

Poskan Komentar

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP